3 HARI PAKISTAN 2 KALI UJI RUDAL BERKEMAMPUAN NUKLIR


Pakistan melakukan uji tembak rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak nuklir pada Selasa 15 Desember 2015. Ini adalah tes kedua dalam tiga hari dan hampir seminggu setelah pemerintah menegaskan akan melanjutkan perundingan perdamaian tingkat tinggi dengan rivalnya India.
Tes adalah yang terbaru dalam serangkaian dilakukan oleh India dan Pakistan sejak keduanya menunjukkan kemampuan senjata nuklir pada tahun 1998. Militer Pakistan mengatakan telah menembakkan rudal permukaan balistik ke permukaan Shaheen 1A yang dapat membawa hulu ledak nuklir dan konvensional dalam kisaran 900 kilometer.
“Tes penerbangan bertujuan re-validasi beberapa desain dan parameter teknis dari sistem senjata. Shaheen1A mampu memberikan berbagai jenis hulu ledak ke berbagai 900 kilometer,” kata sebuah pernyataan militer sebagaimana dikutip Defense News, Rabu.
Seorang pejabat keamanan Pakistan mengkonfirmasi kepada AFP bahwa rudal itu juga dapat membawa hulu ledak nuklir.
Hubungan antara Pakistan dan India – yang terlibat tiga kali perang sejak merdeka dari Inggris pada tahun 1947 – masih terus bermasalah.
Pekan lalu, Menteri Luar Negeri India mengadakan pembicaraan dengan timpalannya dari Pakistan Sartaj Aziz di Islamabad di sela-sela pertemuan puncak regional di Afghanistan. Mereka bersama-sama mengumumkan akan melanjutkan perundingan perdamaian tingkat tinggi.

Related Posts:

0 Response to "3 HARI PAKISTAN 2 KALI UJI RUDAL BERKEMAMPUAN NUKLIR"

Post a Comment