EAGLE DAN STRIKE EAGLE AS DITARIK DARI TURKI


Pesawat tempur F-15E Strike Eagle Angkatan Udara Amerika tiba di Pangkalan udara Incirlik Turki Sabtu (12/11). Pesawat yang dikirim berasal dari Fighter Squadron ke 493 yang ditempatkan di Royal Air Force Lakenheath, Inggris ini akan bergabung dengan pesawat lain yang telah ada sebelumnya untuk menyerang ISIS di Irak dan Suriah.
Baru satu bulan dikirim ke Turki, Amerika menarik kekuatan F-15C Eagle dan F-15 Eagle mereka dari AS pangkalan udara Incirlik di Turki.
Keputusan tersebut diumumkan oleh Komando AS Eropa di Jerman satu hari setelah Menteri Pertahanan AS Ash Carter mengunjungi Pangkalan Udara Incirlik . Juru bicara Pentagon AL Jeff Davis mengatakan di pangkalan itu enam F-15 Eagle dan enam F-15 Strike Eagle telah tiba pekan lalu dari pangkalan mereka di Inggris yang memang jadi rumah mereka.
Davis mengatakan penarikan itu tidak berarti perubahan dalam komitmen AS kepada Turki atau dalam serangan terhadap ISIS.
AS masih memiliki 12 pesawat jenis A-10 di Incirlik, begitu juga dengan pesawat tanpa awak dan pesawat pengisi bahan bakar. AS akan mengganti enam F-15 yang dikirim balik ke Inggris dengan sejumlah A-10 tambahan.
Pengiriman F-15 ke Turki memang sempat dipertanyakan, terutama F-15C karena pesawat ini digunakan khusus untuk pertempuran udara dan tidak memiliki kemampuan serangan darat. Sementara faktanya ISIS tidak memiliki pesawat tempur. Hal ini mengundang spekulasi pesawat dihadirkan untuk menyaingi Su-30SM yang dibawa Rusia.
Sementara F-15E Strike Eagle yang memiliki kemampuan serangan darat dilaporkan telah ikut dalam sejumlah misi termasuk menyerang truk minyak ISIS.

Related Posts:

0 Response to "EAGLE DAN STRIKE EAGLE AS DITARIK DARI TURKI"

Post a Comment