10 Jenis Pekerjaan Yang Membuat Kamu Dikira PENGANGGURAN

Dunia kerja sudah berubah, tak hanya karena internet yang mempermudah orang bekerja, tapi banyak faktor lainnya.

Namun meskipun setelah punya pekerjaan, kamu dapat dianggap pengangguran karena kamu tidak kelihatan bekerja. Berikut ini contoh pekerjaannya.


1. Professional Hobbies
Pekerjaan yang terbaik di dunia adalah hobi yang dibayar. Begitu kata pepatah. Namun tidak begitu kenyataannya. Melakukan hobi yang kamu suka adalah salah satu cara yang paling rentan untuk dianggap pengangguran. Apalagi kalau hobi kamu tidak kelihatan menghasilkan.




2. Gamer
Menjadi seorang gamer profesional adalah hal yang sangat absurd dalam pandangan masyarakat kita. Jelas saja tidak masuk akal kalau main game bisa menjadi pekerjaan utama.




3. Designer
Tahukah kamu kalau kualitas design asal Indonesia banyak diakui sebagai salah satu yang terbaik di dunia? Sayangnya menjadi designer mandiri tidak membuat kamu kebal dari tuduhan pengangguran. Walaupun sering nongkrong di cafe atau kemana-mana pakai kaos dengan design ekslusif, tetap saja tetanggamu bilang kalau kamu tidak punya pekerjaan.


4. Youtuber
Profesi sebagai Youtuber baru ada beberapa tahun belakangan. Tetapi tak kalah diminati sebagai sumber pendapatan. Di negara kita tercinta ini pun sebenarnya banyak yang tiap bulan menerima kiriman dolar dari iklan Youtube. Namun, sebelum sampai disitu, siap-siaplah kamu di cap sebagai pengangguran yang suka nonton video abu-abu.



5. Internet Marketer
Internet marketing adalah semua pekerjaan yang berhubungan dengan jual-menjual secara online, baik itu barang fisik atau digital. Tapi hati hati kalau kamu menjual barangmu di Amerika dan kamu mengambil supplier di China. Karena kalau hal itu kamu ceritakan ke calon mertuamu, dia hanya akan mengangguk dan tersenyum sambil bilang "eekkebo" dalam hati.


6. Blogger
Menjadi penulis online bahkan tidak diakui sebagai pekerjaan kecuali oleh teman-teman sesama blogger. Padahal dunia online tidak akan pernah ada kalau tidak ada tulisan. Teks adalah bentuk komunikasi awal di internet sebelum adanya gambar dan video. Tetapi meskipun tetangga kerap bingung kalau kamu terima gaji di kantor pos via Wester Union, mereka tetap akan menganggap kamu pengangguran. Apalagi kalau kamu sering bergadang kejar setoran.

7. App/Game Developer
Punya smartphone? Tentu kamu tahu kalau setiap di setiap app atau game yang kamu download, seseorang di luar sana dengan senang hati menerima kiriman gaji. Mereka itu adalah developer.

Developer besar mempunya kantor dan team. Tapi tak sedikit developer individu yang bekerja sendirian di ujung rindu. Gajian bisa setiap minggu, tapi apa daya kekasih tak jua datang walau telah lama ditunggu.

Meskipun prestasi developer lokal Indonesia tak dapat di remehkan, tetap saja penghuni kontrakan sebelah menganggap kamu sebagai species langka, setengah mahasiswa setengah pengangguran.


8. Translator
Apakah kamu pernah bertemu dengan seseorang yang bekerja sebagai translator? Jangan-jangan kamu tidak tahu kalau ternyata pekerjaan ini ada? Karena banyak yang tidak memahami cara kerjanya, maka banyak translator yang 'nyambi' jadi guru atau dosen daripada di cap sebagai pengangguran di desanya.

9. Makelar
Istilah PALUGADA sangat populer di tahun 1990an. Saat ini pun jenis pekerjaan ini bertransformasi sesuai perkembangan teknologi, sekarang namanya jadi broker untuk barang mahal seperti properti, dan menjadi dropshipper untuk barang yang lebih terjangkau. Namun, resiko terberat menjadi dropshipper adalah dianggap pengangguran yang tiap hari kerjanya cuma chattingan, smsan atau telponan dengan mantan, padahal sedang melayani pelanggan. Sungguh kesian.


10. Traveller & Backpacker
Traveller adalah salah satu pekerjaan paling asyik di dunia. Kamu dibayar oleh sponsor atau kamu bisa menjadi penulis, fotografer atau reporter sambil berkelana. Sayangnya, meski sudah memakai kaos National Geographic original, pekerjaanmu menjadi tidak bermakna karena kemanapun kamu pergi, kamu bertemu traveller wannabe yang bisanya cma seflie.

Walhasil kamu ketularan dapet stempel pengangguran gara-gara alay kurang kerjaan.


Related Posts:

0 Response to "10 Jenis Pekerjaan Yang Membuat Kamu Dikira PENGANGGURAN "

Post a Comment