ADAKAH PELUANG GENERASI KEEMPAT KALAHKAN RAPTOR?


5 desember 2015
Dianggap hampir tak terkalahkan dalam perang udara-ke-udara, F-22 berhasil memulai debutnya dalam pertempuran, mengambil bagian dalam serangan udara terhadap sasaran-sasaran ISIS. Namun tentu Suriah tidak bisa dijadikan bukti kehabatan siluman ini. Pertanyaan muncul bagaimana jika pesawat ini benar-benar bertemu pesawat canggih setidaknya dari generasi keempat. Sesuatu yang belum ditemui di Perang Suriah.
Ketika melakukan serangan ke suriah Raptor yang tidak membawa tanki eksternal karena untuk mempertahankan sifat silumannya mengisi bahan bakar setidaknya dua atau tiga kali dalam perjalanan ke Suriah dan kembali ke UEA dengan misi terbang 6 – 7 jam.
Raptor menyimpan senjata di teluk internal yang mampu mengakomodasi 2x AIM-9 rudal Sidewinder, beberapa rudal udara ke udara AIM-120C AMRAAM, serta 2x £ 1.000 GBU-32 JDAM atau 8x GBU-39 bom kecil diameter. Kekuatan ini bisa menjadi andalan Raptor untuk mendapatkan dominasi udara. Apalagi dua mesin Pratt & Whitney F-119-PW-100 memberi kemampuan mencapai kecepatan melewati kecepatan suara tanpa afterburner (disebut supercruise) dan TV (Thrust Vectoring), yang sangat berguna, dalam kondisi tertentu, untuk menempatkan Raptor dalam posisi yang tepat untuk mencetak tembakan.
Semua kemampuan ini telah membuat F-22 hampir tak terkalahkan.Setidaknya di atas kertas). Namun memang, sebuah Raptor tunggal dalam salah satu serangan mendadak pelatihan pertama mampu membunuh delapan F-15 dalam keterlibatan pertempuran udara bahkan sebelum F-15 bisa melihat F-22.
Hasil ini diraih juga berkat program pelatihan khusus yang menempatkan pilot F-22 melawan jet terbaik. Ketika latihan Raptor memiliki rasio membunuh yang luar biasa saat melawan pesawat generasi keempat baik F-16 maupun F-15 Agresor atau yang berperan sebagai musuh. Selama latihan Noble Edge di Alaska pada bulan Juni 2006, beberapa F-22 mampu mengalahkan 108 lawan dengan tanpa satupun yang masuk target lawawn. Sedangkan pada latihan sama 2007 mereka melakukan 114 kemenangan tanpa pernah kalah sekalipun.
Ketika pertama berpartisipasi dalam Red Flag Februari 2007, Raptor mampu membangun dominasi udara dengan cepat dan tanpa kerugian. Seperti dilansir Dave Allport dan Jon Lake dalam sebuah cerita yang muncul di majalah Angkatan Udara Bulanan, selama Kesiapan Inspeksi Operasional (ORI) pada tahun 2008, F-22 mencetak 221 kemenangan dalam simulasi tanpa kalah sekalipun. Bahkan ketika dikeroyok oleh F-15, F-16 dan F-18, dalam WVR (Within Visual Range) F-22 tetap tak terkalahkan.

Related Posts:

0 Response to "ADAKAH PELUANG GENERASI KEEMPAT KALAHKAN RAPTOR?"

Post a Comment