DALAM HAL SILUMAN T-50 KALAH DIBANDING F-22, TAPI…



5 desember 2015
Siapa yang akan menang dalam pertempuran jika F-22 Raptor bertemu dengan T-50 Rusia? Pertanyaan itu masih menjadi banyak bahan diskusi sejumlah pakar militer.
Sangat sulit untuk membuat jawaban yang pasti karena kedua pesawat generasi kelima ini memiliki begitu banyak kesamaan.
“Segala sesuatu tentang PAK-FA menunjukkan bahwa itu pesawat ini mirip dengan konsep Raptor yang mengoptimalkan kecepatan, terbang tinggi dan tersembunyi dan menjadi pesawat tempur superioritas udara,” kata analis pertahanan Dave Majumdar.
Sukhoi PAK FA, juga dikenal sebagai T-50, dan F-22 Raptor memiliki kecepatan maksimum setara yakni 1.520 mph untuk PAK FA dan 1.500 mph untuk F-22. Sementara kemampuan kisaran juga tidak jauh beda yakni 2.175 mil untuk PAK FA dan 1.840 mil untuk F-22. Sedangkan ketinggian maksimal sama-sama pada level 65.000 kaki.
Majumdar menyatakan bahwa keduanya juga sama-sama pesawat dua mesin kursi tunggal dan jet tempur multirole siluman yang sebanding dalam hal kinematika, terutama setelah T-50 dilengkapi dengan mesin baru.
Tetapi ketika masuk dalam kemampuan siluman, sepertinya T-50 akan sedikit kedodoran jika bersaing dengan Raptor.
“Desain T-50 ini lebih sedikit mengabaikan penekanan pada semua aspek siluman dan fokus pada aspek siluman frontal sehingga memiliki apa yang disebut tanda ‘Pac-Man’ ‘Pac-Man’ signature sedangkan ‘Pac-Man’ signature F-22 terlihat lebih seperti laba-laba, ” ahli itu menegaskan.
Tetapi Dave mengakui sulit untuk mengatakan pada saat ini apakah siluman akan menjadi game changer dalam pertempuran udara. “Ketika F-22 mungkin memegang kendali dalam siluman T-50 lebih unggul dalam hal kemampuan manuver. T-50 dilengkapi dengan tiga dimensi thrust vectoring dan semua indikasi tampaknya menunjukkkan PAK-FA memiliki keunggulan dalam hal kelincahan, ” catat Majumdar yang ditulis dalam National Interest
Intinya adalah bahwa kedua pesawat canggih ini memiliki keunggulan dibandingkan satu sama lain dan bisa keluar sebagai pemenang.
“Semua hal yang sama, jika siluman ternyata semua itu retak hingga menjadi melawan ancaman peer-tingkat, PAK-FA bisa menjadi pada kerugian yang khas. Jika iman Angkatan Udara AS di siluman terbukti menjadi kekeliruan, PAK-FA memegang tepi, “ahli menyimpulkan.
T-50 adalah pesawat siluman, kursi tunggal, bermesin ganda jet tempur multirole yang dirancang untuk peran superioritas udara dan serangan. Lockheed Martin F-22 Raptor pesawat kursi tunggal, bermesin ganda, pesawat tempur taktis siluman segala cuaca dirancang terutama sebagai pesawat tempur superioritas udara. Pesawat ini memiliki kemampuan tambahan termasuk serangan darat, peperangan elektronik, dan intelijen.

Related Posts:

0 Response to "DALAM HAL SILUMAN T-50 KALAH DIBANDING F-22, TAPI…"

Post a Comment