history dibalik miringnya menara pizza

Miringnya menara pizza Siapa yang tidak mengetahui keunikan dari bangunan yang satu ini. Bangunan yang dikenal karena keunikan pada posisi dari bangunan ini, menara pisa…bangunan yang terletak di Pisa, Italia ini merupakan bangunan ketiga dari campo dei miracoli  (lapangan pelangi) dikota Pisa dan merupakan lonceng bagi khatedral juga merupkan salah satu keajaiban dunia, mengapa ?? karena pada umumnya bangunan dibangun berdiri tegak diatas tanah, namun tidak dengan menara pisa ini. Menara pisa berdiri miring kearah tenggara tidak seperti bangunan menara pada umumnya.
Bagi anda yang penasaran mengapa menara pisa ini bisa miring ?? sebaiknya simak baik baik penjelasan dari artikel dibawah ini !!
Mengapa menara Pisa miring ??
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEidQdfk6Vwhw2pmrezR1hyphenhyphenE09Ir9Nrq9IBRC_SxUrXsYe1yD4ROTfdcI6fR346HAXo_C8reGoDPJEyxUUV_0tD8aQZF367jrEl7PxfhV5h_V8j5GGKxPKnup-_XIiMJ9Pjf7tjpehillumI/s1600/cerita+miringnya+di+balik+menara+pizza.png
Pembangunan menara piza yang dimulai pada 9 Agustus 1173 dan selesai pada tahun 1350, berarti mempunyai waktu pengerjaan selama 200 tahun. Kemiringan ini mulai tampat pada awal pembangunan dikarenakan terjadinya amblas pada sebagian pondasinya. Amblasnya pondasi ini dikarenakan bobot dari bahan konstruksi bangunan yang berat serta struktur tanah yang lunak sehingga terjadi amblas pada pondasinya. Jadi bukan karena sengaja dibangun miring ya guys !!

sejak terjadi amblas pada pondasi inilah yang menyebabkan kemiringan dari menara pisa itu. Dan kemiringan ini menjadikan perbedaan tinggi dari menara pisa yaitu 55,86 m dari permukaan tanah terendah dan 56,70 m dari permukaan tanah tertinggi. Dan kemiringan ini diprediksi akan terus bertambah setiap tahunnya. Dan diduga akan bertahan kurang lebih 300 tahun kedepan. Artinya pada 300 tahun kedepan menara pisa akan benar benar amblas tenggelam kedalam perut bumi. Wah wah… berati menara ini turun setiap tahunnya ya…??

Menara pisa mempunyai 3 tahap pembangunan dalam jangka waktu 200 tahun, pembangunan tahap yang pertama yaitu pada tanggal 9 Agustus 1173 dibangun lantai pertama dari campanile yang berbatu marmer putih (pada era kesejahteraan dan kejayaan militer). Lantai pertama ini dikelilingi oleh pilar dengan huruf klasik yang mengarah miring terhadap lengkungan kerai.
Setelah dibangunnya lantai ketiga pada tahun 1178, menara ini baru terlihat miring karena dibangun diatas tanah yang tidak stabil. Pada awal pembangunan menara ini adalah dimaksudkan untuk menaruh jam besar diatas menara. Pembangunan menara ini sempat tertunda selama 100 tahun, dikarenakan pada saat itu terjadi peperangan.

Pembangunan tahap kedua yaitu setelah tahun 1198 pembangunan menara ini dilanjutkan kembali oleh arsitek Giovanni di simon. Dan kembali tertunda karena adanya peperangan antara rakyat pisa dengan rakyat dari daerah lain.
Sekitar tahun 1372, akhiran penyelasaian pembangunan menara pisa ini yang dilakukan oleh arsitek Tommasso di Andrea Pisano berhasil menyelesaikan pembangunan menara pizza  dengan memadukan elemen Gothic dengan gaya Roma di dalam ruangan bel nya. Bel terbesar dipasang pada tahun 1655, dan mempunyai 7 buah bel didalam menara ini. Mungkin anda meminati bangunan menara dari baja
Sampai saat ini para insinyur dan arsitek dari negara-negara lain masih mencari cara untuk memperbaiki menara ini. Tapi nyatanya menara pisa masih tetap miring seperti semula. Nah gank udah pada tahu semua bukan kenapa menara pisa bisa miring…
Sekedar info, pada tahun 2010 lalu menara pisa ini sudah melenceng sejauh 3,9 meter dari posisi lurus yang seharusnya. Tiket masuk ke dalam menara pisa ini anda harus membayar biaya masuk tiket sebesar 15 Euro.

Related Posts:

0 Response to "history dibalik miringnya menara pizza"

Post a Comment